About Bali

Makna Ritual Siat Sampian di Desa Adat Geriana Kangin

Senin, 14 Oktober 2019 | 22:50 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Sementara itu terkait dengan ritual Siat Sampian ini, menurut Bendesa Adat Geriana Kangin, I Ketut Yasa. Ritual ini dilaksanakan pada upacara Perejangan Sipungkur atau tahapan terakhir dari Aci Usaba Goreng yang telah berlangsung sejak tanggal 6 Oktober 2019 lalu.

Pilihan Redaksi

  • Rangkaian Prosesi Ritual Siat Sampian di Desa Adat Geriana Kangin
  • BPBD Karangasem Distribusi Air Bersih di 3 Banjar di Desa Seraya
  • Soal Pembayaran Klaim, BPJS Tanggapi Keluhan RSUD Karangasem
  • Rangkaian awal Aci Usaba Goreng, diawali dengan Upacara Pengambuhan, setelah itu dilanjutkan dengan Upacara Pebantenan kemudian Pemeosan Sidumun dan Perejangan Sidumun. Begitu juga untuk tahapan selanjutnya hingga sampai dengan tahapan terakhir yaitu Perejangan Sipungkur pada hari ini, Senin (14/10/2019).
    Untuk ritual Siat Sampian, dijelaskan Ketut Yasa bahwa memiliki maknanya tersendiri baik dari sisi sekala mupun niskala. Dari sisi Niskala ritual Metigtig ini bisa dimaknai sebagai simbol ngayab untuk semua sarana Banten yang telah dihaturkan apabila ada yang kurang dalam sarana Banten selama piodalan berlangsung maka dilengkapi lewat ritual Metigtig ini.
    Selain itu, ritual ini juga memiliki makna nyomia atau menetrarisir kekuatan negatif sehingga seluruh rangkaian ritual bisa berjalan dengan baik dan lancar. 
    Sementara dari sisi Sekalanya, ritual ini dimaknai sebagai ungkapan rasa suka cita karena selama proses dilangsungkannya upacara Aci Usaba Goreng tidak ada hambatan yang berarti dan sudah berjalan dengan baik dan lancar sejak awal tahapannya.
    "Ritual Siat Sampian ini, hanya bisa diikuti oleh Jero Desa Pemucu yang berjumlah sebanyak 28 orang," kata Bendesa Ketut Yasa didampingi Jero Mangku Gede Nuragia dan Jero Mangku Diatmika.

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Ritual Siat Sampian Desa Geriana Kangin Karangasem



    About bali Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending About Bali

    Berita Bali TV