Paon Bukan Sekadar Tempat Memasak - Beritabali.com

About Bali

Paon Bukan Sekadar Tempat Memasak

Selasa, 16 April 2019 | 06:35 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Beritabali.com, Tabanan. Paon secara budaya Bali bukan sekadar tempat memasak. Hal ini yang menyebabkan paon tidak sama dengan dapur, walaupun secara fisik bentuknya sama.

Pilihan Redaksi

  • Bersiap Merawat Caleg Stress
  • Diduga Mabuk, Pemotor Tewas Seketika di Jalan Usai tabrak Truk
  • Terdakwa Sopir Truk Nyambi Kurir Narkoba Kerap Ugal-ugalan di Jalan Usai Konsumsi Ineks
  • "Paon secara fisolofis adalah bagian dari panca raksa yang merupakan lima pembagian wilayah atau karang yang berfungsi sebagai penjaga  kata pemerhati budaya Bali I Made Nurbawa ketika dikonfirmasi di Tabanan pada Senin (15/4) malam.
    Menurut Nurbawa, dalam tatanan Asta Bumi letak paon dalam struktur rumah (umah) Bali berada di Barat Daya atau Kelod Kauh yang memiliki fungsi penjaga atau perlindungan yang disebut Durga Raksa. Jika posisi dapur sudah benar maka empat posisi penjaga lainnya bisa ditentukan dalam sebuah pekarangan. Jadi posisi dapur adalah patokan untuk penataan ruang.
    Jika posisi dapur sudah sesuai dengan tatanan Asta Bumi (Panca Raksa), maka posisi yang lain juga mengikuti. Misalnya merajan ada di Timur Laut atau Kaja Kangin yang disebut Sri Raksa, posisi penunggun karang ada di Barat Laut yang diseb

    Pilihan Redaksi

  • Pemilu 2019: Bali Teraman Kedua Setelah Kalimantan Utara
  • Perda Desa Adat Akomodir Keberadaan LPD Agar Lebih Kuat
  • Terdakwa Sopir Truk Nyambi Kurir Narkoba Kerap Ugal-ugalan di Jalan Usai Konsumsi Ineks
  • Koster Siapkan Rapergub Perlindungan Hasil Karya Budaya Bali
  • ut Kala Raksa, dengan demikian posisi pintu masuk atau pemesunan akan menyesuaikan termasuk letak pelinggih Siwa Reka ditengah pekarangan sebagai simbul catus pata, kekuatan dewa rambut sedana dan manifestasi tuhan lainnya.
    Pria satu putri ini menegaskan secara fisik paon dan dapur terlihat sama. Namun filosofi dan kelengkapan yang ada di dalamnya sangat jelas berbeda. "Secara sekala niskala  Paon bukan sekedar tempat memasak tetapi tempat suci " ujar mantan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Bali tersebut.
    Nurbawa menambakan, memaknai paon bukan sekadar bangunan saja, tetapi juga menyangkut spirit, tata letak, kelengkapan dan fungsinya.  Paon  dalam umah Bali tidak berdiri sendiri, tetapi menjadi bagian yang terintegrasi dengan bangunan lainnya, semuanya bertujuan untuk menjaga keseimbangan skala dan niskala. [bbn/Mul]

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Nengah Muliarta


    TAGS : Paon Dapur Tempat Memasak


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    About bali Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending About Bali

    Berita Bali TV