About Bali

Motif Tato Rangda Dari Pelestarian Hingga Bentuk Penghormatan

Sabtu, 30 Maret 2019 | 06:20 WITA

independenttattobali.blogspot.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com, Denpasar. Terdapat beragam alasan yang memotivasi seseorang untuk menggunakan tato Rangda. Mulai dari kebutuhan akan citra nuansa Bali, pelestarian budaya, penekanan identitas dan penghormatan.

Pilihan Redaksi

  • Kembali Terjadi, Relawan Temukan 2 Bule Nekat Mendaki dan Tersesat di Gunung Agung
  • Residivis Asal Buleleng Kembali Ditangkap Karena Mencuri HP Anak SD
  • Ibu hamil Cenderung Alami Penurunan Dorongan Seksual
  • Hal tersebut terungkap dalam sebuah artikel ilmiah yang berjudul “Kajian Motivasi Tato Rangda pada Orang Bali” yang dipublikasikan dalam Jurnal Studi Kultural Volume III, nomor 1 tahun 2018. Artikel tersebut ditulis oleh I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan dan I Nyoman Jayanegara dari STMIK STIKOM Indonesia.
    I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan dan I Nyoman Jayanegara memaparkan tato Rangda sebagai bentuk penghormatan merujuk pada penilaian positivistic terhadap bentuk dan Filosofi Rangda. Tato Rangda juga sebagai bentuk pelestarian sebagai upaya bentuk perlawanan

    Pilihan Redaksi

  • 22.802 Jiwa Warga Karangasem Peserta BPJS Mandiri Nunggak Bayar Premi
  • Media Diharapkan Jadi Elemen Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat
  • Klub Dayak Menjadi Klub Sepakbola Badung Terkuat pada Jaman Kolonial
  • terhadap motif luar.
    Bentuk wujud visual pada bentuk Rangda secara nyata merupakan bentuk yang mengarah pada ornament Bali dan seolah olah memberikan pesan ke-Bali-annya. Alasan ini terkait dengan penekanan identitas dan citra nuansa Bali.
    I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan dan I Nyoman Jayanegara juga menuliskan bahwa tato dalam kehidupan masyarakat memiliki beragam alasan. 
    Tato memiliki tempat tersendiri bagi penggunanya atau yang memanfaatkannya. Diungkapkan bahwa tato memiliki andil dalam seni dan perkembangan budaya dalam masyarakat.
    Rangda sendiri memiliki tempat khusus pada orang Bali khususnya dalam Hindu Bali. Wujud Rangda yang menyeramkan dan diselimuti filosofis dari Rangda sendiri membuat hanya segelintir orang yang mewujudkannya dalam tato. Hal ini diasumsikan tidak sembarang orang yang memakai Wujud Rangda dalam pengaplikasian tato. [bbn/ Jurnal Studi Kultural/mul]

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Nengah Muliarta


    TAGS : Tato Rangda Motif



    About bali Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending About Bali

    Berita Bali TV