Persona

Komang Bemo Raih Penghargaan "Semeton of The Year 2018" dari Beritabali.com

Minggu, 30 Desember 2018 | 09:50 WITA

Beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Komang Sudiarta atau lebih dikenal dengan panggilan Komang Bemo, meraih penghargaan "Semeton of The Year 2018" dari media online Beritabali.com.

Pilihan Redaksi

  • Beritabali.com Beri Penghargaan "Semeton Bali of The Year" Kepada Rai Mantra
  • Natal dan Galungan, Volume Sampah di Denpasar Naik Capai 1.500 Ton
  • Gubernur Bali Terbitkan Pergub Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai
  • DLHK Denpasar Siagakan 1.459 Tenaga Kebersihan, Prediksi Volume Sampah Naik 60%
  • Kurangi Sampah Plastik, Rai Mantra Rangkul Forum Pengelola Pasar Rakyat
  • Bluebird Bali Jadi Program Percontohan Pengelolaan Sampah Plastik
  • Rai Mantra Raih Penghargaan Walikota Entrepreneur 2018
  •  
    Komang mendapat penghargaan karena dinilai aktif mengedukasi warga tentang pentingnya hidup bersih. Bersama komunitasnya 'Malu Dong Buang Sampah Sembarangan', Komang aktif memberi penyadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.
     
    Penghargaan ini diberikan bertepatan dengan pembukaan Denpasar Festival (Denfest) 2018. Beritabali.com juga memberikan penghargaan Semeton of The Year kepada Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra atas upayanya dalam mewujudkan Denpasar yang dikenal dengan citra kota kreatif.  
     
     
    Dalam upaya mewujudkan lingkungan yang bersih, Komang mengaku selalu mendokumentasikan perilaku warga yang buang sampah sembarangan, baik dalam bentuk foto maupun video. Dokumentasi ini kemudian dipakai sebagai bukti saat ia melaporkan aksi buang sampah sembarangan ini ke dinas terkait yakni DKP Kota Denpasar.
     
    Komang menyimpulkan, warga bisa membuang sampah sembarangan di area tak bertuan, dalam artian wilayah tersebut tidak pernah diawasi oleh penguasa wilayah setempat dalam hal ini pihak pemerintah atau pengurus banjar (dusun).
     
    "Di wilayah tak bertuan tanpa pengawasan itulah sampah dibuang sembarangan, karena warga merasa aman tidak ada yang mengawasi dan tidak akan ada yang memberi sanksi atau hukuman," ujarnya.
     
    Komang Bemo menambahkan, pengawasan menjadi kata kunci dalam mencegah warga buang sampah sembarangan. Jika pengawasan berjalan, ia menjamin tidak akan ada warga yang membuang sampah sembarangan.
     
    "Jika tidak ada pengawasan, bagaimana bisa ada sanksi atau tindakan hukum lainnya, jadi yang penting dalam hal ini adalah pengawasan dari pihak-pihak terkait," ujarnya.
     
    Bersama komunitasnya yang telah dibentu

    Pilihan Redaksi

  • Denfest 2018: Gaungkan "Urban Playground", Permainan Tradisional Muara Kebahagiaan
  • Tabuh Pisan Bebarongan dan Tari Jauk Longor Hibur Pengunjung Denfest 2018
  • Difabelpreneur Hadir di Denfest: Keterbatasan Bukan Halangan Berkreativitas
  • Terapkan Transaksi Non-Tunai, Denfest 2018 Ajak Masyarakat Diet Kantong Plastik
  • k sejak 17 tahun lalu, Komang kini terus melakukan upaya penyadaran kepada masyarakat. Upaya penyadaran tentang pentingnya buang sampah sembarangan, dimulai dari sekolah-sekolah di Kota Denpasar.
     
    "Saya pernah mengunjungi sekitar 300 an sekolah di Denpasar, ternyata hasilnya sekitar 70 persen belum bagus perilaku buang sampahnya. Disinilah pentingnya dilakukan upaya penyadaran sejak di bangku sekolah," ujar pria kelahiran 31 Desember 1966 ini.
     
    Pemimpin Redaksi Beritabali.com, I Nengah Muliarta mengatakan ditetapkannya Komang Bemo sebagai "Semeton of The Year 2018" karena dinilai berjasa dalam upaya edukasi warga tentang pentingnya hidup bersih dan memberi penyadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.
     
    "Apa yang dilakukan Pak Bemo menjadi inspirasi bagi kita semua untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di wilayah Kota Denpasar khususnya dan di Bali pada umumnya," ujar Muliartha.
     
    Sementara Direktur Utama Beritabali.com, I Putu Agus Swastika menambahkan, penghargaan "Semeton of The Year" dari Beritabali.com diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada figur atau tokoh yang telah berkontribusi besar pada masyarakat  atau daerah untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan tim penilai dari Pemimpin Redaksi, Direktur Utama Beritabali.com serta akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Warmadewa, Dr. I Gede Agus Wibawa, A.P, M.Si, sebagai pakar dalam bidang pemerintahan, tahun ini Beritabali.com merilis 2 kategori penghargaan yakni versi tokoh atau unsur pemerintahan dan tokoh atau unsur masyarakat umum.
     
    "Untuk tahun 2019, kami akan menambahkan satu lagi kategori penghargaan yakni dari unsur pengusaha, wiraswasta atau pihak swasta yang mampu memberi inspirasi dan kontribusi untuk perubahan ke arah yang lebih baik bagi orang banyak atau publik," ujarnya. [bbn/psk]

    Penulis : Putra Setiawan

    Editor : psk


    TAGS : Semeton Of The Year Bali Komang Bemo



    About bali Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending About Bali

    Berita Bali TV